Daerah Saya

Kota Depok adalah sebuah kota di Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Kota ini terletak tepat di selatan Jakarta, yakni antara Jakarta dan Bogor. Dahulu depok adalah kota kecamatan dalam wilayah kabupaten bogor, yang kemudian mendapat status kota administratif pada tahun 1982, Depok ditetapkan menjadi kotamadya yang terpisah dari kab. Bogor, Dan Kota Depok terdiri dari 11 kecamatan, yang dibagi menjadi 63 kelurahan.





Warga Depok Asli yang lahir dan besar di Kota Depok adalah perpaduan antara Budaya Jawa Barat dan Budaya Betawi Depok, kedua budaya ini bersatu dalam jiwa dan sangat kental terlihat dalam kehidupan sehari-hari, karakter warga asli Depok terbentuk karena perpaduan dua budaya sunda dan betawi asli Depok, terbukti sifat Santun, lembut, Tegas dan Berwibawa adalah bentuk nyata karakter yang sangat terlihat karena perpaduan kedua budaya ini.

Depok memiliki kelebihan dan keunikan tersendiri dibandingkan dengan beberapa kota yang ada di Indonesia, keunikan inilah yang menjadi daya tarik tersendiri bagi banyak orang yang akhirnya menjatuhkan pilihan untuk  memilih tinggal di Kota Depok.

Depok memiliki banyak tujuan wisata yang sangat menarik baik wisata sejarah hingga wisata alam, berikut daftar tempat wisata di Depok :

1.Masjid Kubah Emas Dian Al-Mahri 
 

Masjid Dian Al Mahri ini juga dikenal dengan nama Masjid Kubah Emas. Masjid ini merupakan salah satu ikon yang menjadi masjid kebanggaan Kota Depok. Seperti namanya, Masjid Kubah Emas ini memiliki kubah yang berwarna emas kemilauan.Tidak hanya kubah emasnya saja yang mencolok, gaya arsitektur masjid ini juga mengikuti gaya ala Timur Tengah. Terdapat 5 kubah yang terdiri dari 4 kubah berukuran kecil dan 1 kubah besar di dalamnya.Masjid Kubah Emas ini berada di Jl. Raya Maruyung, Limo, Depok. Ada saja pengunjung yang mengunjungi Masjid ini setiap harinya terutama pada saat Hari Raya seperti lebaran. Banyak yang datang untuk beribadah maupun hanya sekedar jalan-jalan dan berfoto - foto.

2.Taman Bunga Wiladatika
Wisata Keluarga di Taman Bunga Wiladatika Cibubur Depok

Taman Bunga Wiladatika ini juga dikenal dengan nama Taman Bunga Cibubur. Taman ini diresmikan di tahun 1980 oleh mendiang Presiden Soeharto. Luasnya pun hingga mencapai 32 hektar.Taman Bunga ini sangat ramai dikunjungi sebagai tempat rekreasi dan kadang juga sebagai sarana penggalangan dana untuk kegiatan pramuka karena terdapat Pusdiklatnas atau Pusat Pendidikan dan Pelatihan Pramuka Nasional di Taman ini.
3.Depok Fantasy Water Park
depok fantasi waterpark
Di Depok Fantasy Water Park anda bisa menikmati berbagai wahana permainan air diantaranya seperti perosotan raksasa, kolam renang anak, Esthatic Tower, foodcourt dan bioskop empat dimensi. Asyiknya, taman rekreasi air ini dibuka setiap hari, jadi anda bisa datang kesini kapan saja. Pada hari senin buka pukul 10.00, jam 09.00 hari Selasa-Jumat dan jam 08.00 saat akhir pekan.Bila anda mau berlibur kesini dengan teman maupun keluarga anda bisa langsung datang ke Jl. Boulevard Grand Depok City Telp. (021)7782 6622/ 7782/6633. Harga tiket masuknya Senin Rp 20.000, Selasa & Rabu Rp 35.000, Kamis Rp 25.000, Jumat Rp 20.000, Sabtu Rp 55.000 dan Minggu Rp 65.000.
4.Argowisata Belimbing Dewa
Wisata Hits Agrowisata Belimbing Dewa Depok

Menikmati liburan dengan berkeliling kebun belimbing dan memetik langsung buahnya dari pohon tentu bisa menjadi pengalaman liburan yang menyenangkan.Selain itu kamu juga bisa mendapatkan informasi seputar Belimbing Dewa yang akan membuat wawasanmu semakin bertambah.Lokasi: Kelurahan Pasir Putih, Sawangan, Kota Depok, Jawa Barat.

Ga hanya tempat wisata saja,di Depok juga Kalian bisa menemukan berbagai macam makanan khas depok,berikut makanan khas depok :


1.Belimbing Depok
UMKM Belimbing, Mulai dari Jus, Dodol hingga Cake
Buah Belimbing memang menjadi ciri khas dan ikon dari Kota Depok. Buah Belimbing memang menjadi sebuah komoditi buah yang begitu digandrungi oleh warga Kota Depok.Buah Belimbing adalah oleh – oleh yang khas banget dengan Kota Depok. Kita bisa memilih langsung dan memetiknya langsung dari pohonnya di Kota Depok.Buah Belimbing tentu merupakan hadiah oleh – oleh yang menarik dari Kota Depok yang bisa kita berikan kepada para handai taulan yang sedang menunggu kita di rumah.
2.Emping Melinjo
Emping blueband
Olahan makanan berupa Emping Melinjo adalah olahan emping yang renyah dan gurih yang terbuat dari biji melinjo yang biasanya tumbuh di halaman rumah kita. Emping Melinjo ini merupakan salah satu oleh – oleh khas Kota Depok.Emping Melinjo ketika digigit maka akan pecah dan terasa sangat gurih di lidah kita.Emping Melinjo ada beberapa varian rasa, seperti rasa asin, gurih, manis, dan rasa pahit.Tentu kita sendiri tahu bahwa biji melinjo memang bisa dibuat menjadi makanan yang khas dan begitu enak bagi para pecintanya.

3.Dodol Belimbing Rasa Dewa
Depok terkenal dengan agrowisata belimbingnya. Di daerah Depok, banyak terdapat perkebunan belimbing di mana wisatawan bisa datang dan memetik belimbing sendiri langsung dari pohonnya. Saking banyaknya jumlah belimbing yang dihasilkan oleh Depok, gak heran dong kalau sebagian oleh-oleh khas Depok merupakan olahan buah belimbing. Olahan buah belimbing yang paling laris sebagai oleh-oleh khas Depok adalah dodol. Dodol belimbing memiliki rasa manis dan sedikit asam. Teksturnya kenyal dan sangat lezat. Dodol belimbing paling terkenal di Depok bermerek “Rasa Dewa”. Kamu bisa menemukan dodol belimbing ini di toko oleh-oleh di Depok. Harganya berkisar antara Rp. 20.000 hingga Rp. 25.000 per box-nya. Dodol belimbing memiliki banyak manfaat kesehatan untuk tubuh, lho, antara lain untuk mengatasi kolesterol dan melancarkan pencernaan karena kandungan seratnya yang tinggi.
4.Sirup Belimbing
Olahan lain dari buah belimbing yang cukup terkenal di Depok adalah sirup belimbing. Sirup ini rasanya sangat menyegarkan. Ada rasa manis dan asam yang membuat ketagihan. Larisnya sirup belimbing juga dikarenakan tidak banyak merek sirup botolan dengan varian rasa belimbing yang dijual di toko-toko. Rata-rata harga sirup belimbing per botolnya adalah Rp. 15.000 hingga Rp. 20.000.


Komentar

Postingan populer dari blog ini